Definisi-Pengertian Membaca Indah Menurut Para Ahli

Definisi-Pengertian Membaca Indah

Salam hangat bagi pengunjung setia blog Kumpulan Contoh PTK. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi posting tentang "Pengertian Membaca Indah Menurut Para Ahli", untuk lebih lengkapnya silakan sobat membaca atau melihat-lihat posting terdahulu yang membahas tentang "Pengertian Membaca Kritis Menurut Para Ahli".

Membaca indah atau membaca estetika sering pula disebut membaca emosional, dan ada juga yang menggolongkannya pada jenis membaca teknik. Tujuan membaca indah adalah memperoleh nilai-nilai estetika lewat nada, irama, intonasi, dan gerak-garik mimik, serta gerakan badan. Bahan membaca indah adalah karya satra, dapat berupa puisi, prosa dan drama.

Pengertian Membaca Indah, Definisi Membaca Indah, Pengertian Membaca Indah Menurut Para Ahli

Pengertian Membaca Indah Menurut Para Ahli

Membaca indah menurut Suyatmi (1992:50) : Jenis membaca yang menitik beratkan pada pengungkapan segi keindahan yang terhadap dalam karya sastra.

Menurut Prastiti (2006) Pada hakikatnya membaca indah merupakan usaha menghidupkan dan untuk mengomunikasikan suatu bahan bacaan yang mempunyai nilai sastra dengan mengutamakan segi keindahan dalam penyampaiannya. Membaca yang indah erat sekali hubungannya dengan keterampilan membaca karya sastra. Membaca jenis ini menitikberatkan pada pengungkapan segi keindahan yang terdapat pada suatu karya sastra. Alur suaranya hendaknya jatuh pada gagasan-gagasan, sebagaimana layaknya orang bicara. Gerak dan mimik sejalan dengan pokok gagasan yang terkandung dalam teks agar apa yang dibaca dapat dipahami oleh pendengar.

Menurut Sabarti Akhadiah (2003:30) Membaca indah pada hakikatnya ialah membaca teknik juga. Tetapi bahan bacaaan yang digunakan ialah karya sastra, seperti puisi. Kegiatan ini lebih bertujuan apresiatif. Siswa diharapkan dapat membaca sebagai ungkapan penghayatannya terhadap karya sastra. Jenis membaca ini dapat dipadukan dengan pokok bahasan apresiasi terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Menurut Yayah Churiyah, membaca indah sering disebut juga membaca emosional. Dinamai demikian sebab menyangkut pada hal-hal yang berkaitan dengan keindahan atau estetika yang dapat menambah emosi atau perasaan dari pembaca atau pendengarnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam pelajaran ini ialah siswa dapat memperoleh suatu keindahan yang sumbernya bahasa atau keindahan yang bersumber bacaan. Unsur irama, intonasi, ketepatan ucapan memegang peranan yang sangat penting. Ketepatan mengintonasikan kalimat berita, kalimat tanya, kalimat seru, kalimat langsung, kalimat ajakan dan jenis kalimat-kalimat yang lain akan berpengaruh terhadap keberhasilan jenis membaca ini. Bahan yang dapat digunakan untuk pengajaran membaca indah ialah puisi, prosa lirik, prosa lingkungan kesusastraan, bacaan-bacaan biasa yang berupa dialog, komik dan dapat juga berupa drama. Disamping bahan-bahan tersebut dapat juga berupa wacana sebuah reklame. Memang yang disebut berakhir ini masih jarang dilakukan oleh para guru, padahal apabila digunakan selain bahan pengajaran membaca indah tidak akan kalah kualitasnya dari puisi, prosa, berita dialog atau percakapan serta teks drama.

Membaca indah merupakan salah satu kegiatan membaca sastra. Aktivitas membaca indah salah satunya dapat kita disaksikan pada saat ada lomba baca puisi. Dalam lomba baca puisi, kita dapat menyaksikan usaha para pembaca untuk menyampaikan gagasan penyair melalui seni olah suara. Keindahan pembacaan akan tampak pada pemahaman pembaca dalam mengungkapkan kembali gagasan penyair, penggunaan nada, jeda, irama, ekspresi wajah, dan gerakgerik penunjang yang sesuai dengan isi puisi. (Heriyanto, dan Muda W., 2011:14)

Menurut Esther Kartika (2004:122) Pokok masalah dalam membaca indah ialah cara membaca yang menggambarkan penghayatan keindahan dan keharuan yang terdapat pada bacaan. Dengan membaca indah siswa digugah rasa estetiknya, untuk terus diasah. Dalam kurikulum 2004 membaca indah dikaitkan dengan apresiasi sastra. Di Sekolah Dasar biasanya membaca indah bersuara, misalnya membaca puisi.

Langkah-langkah Membaca Indah

Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan seorang guru kepada siswa dalam kegiatan membaca indah.
  • Mula-mula siswa diberi tugas membaca dalam hati suatu bacaan; untuk dapat memahami isi bacaan dan siswa menghayati isi bacaan dan memiliki persiapan pengungkapan diri pada waktu membaca bersuara.
  • Pertanyaan ringan diajukan untuk mengetahui atau menyeragamkan pemahaman siswa terhadap bacaan yang disajikan.
  • Bersama siswa dibahas kesukaran bahasa yang ada agar tidak mengganggu pemahaman.
  • Guru memberikan contoh membaca yang baik, siswa ditugaskan menandai bacaan/ wacana yang perlu dibaca dengan suara lemah, kuat, atau cepat dan lambat.
  • Siswa diberi kesempatan untuk membaca bacaan tersebut dengan ekspresi yang tepat. (Esther Kartika, 2004:122)

Penilaian Membaca Indah

Hal-hal yang dinilai dalam Membaca Indah meliputi :
  • Pemahaman terhadap wacana.
  • Ketepatan ucapan atau lafal, nada, irama, lagu kalimat.
  • Kuat dan lemah, keras atau lambat suara (termasuk volume).
  • Penghayatan dan penjiwaan terhadap wacana yang dibaca.
  • Penampilan atau ekspresi pada waktu membaca. (Esther Kartika, 2004:124)

Sumber tulisan:
  • Heriyanto, dan Muda W., 2011, Beberapa Teknik Dalam Pembelajaran Membaca Sastra, Surabaya : BDK Surabaya.
  • Kartika Esther, 2004, Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Penabur - No.03 / Th.II, Jakarta : SDK 4 BPK Penabur.
  • Khuriyah, Y., BBM 8, Bahan Belajar Mandiri : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar Kelas Rendah, Bandung: UPI.
  • Prastiti, Sri., 2006, Paparan Kuliah Membaca I, Semarang: PBSJ.
  • Sabarti Akhadiah, 1993, Bahasa Indonesia 1, Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
  • Suyatmi, 1992, Membaca I, Surakarta: UNS Press.

Itulah tadi posting tentang Definisi Membaca Indah Menurut Para Ahli. Terimakasih atas kunjungannya di blog Kumpulan Contoh PTK, n jangan lupa berbagi di Twitter atau Facebook sobat ya.. biar blog ini selain bermanfaat juga lebih terkenal lagi he he he. wassalam.

Apakah Blog ini bermanfaat..?

Jika Sobat merasa blog ini bermanfaat, jangan lupa like dan +1 nya Sob. Terimakasih