Pengertian Membaca Cepat Menurut Para Ahli

Pengertian Membaca Cepat

Salam hangat bagi pengunjung setia blog Kumpulan Contoh PTK. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi posting tentang "Pengertian Membaca Cepat Menurut Para Ahli", untuk lebih lengkapnya silakan sobat membaca atau melihat-lihat posting terdahulu yang membahas tentang "Jenis-jenis Membaca Menurut Para Ahli".

Pengertian Membaca Cepat Menurut Para Ahli

Pengertian Membaca Cepat Menurut Para Ahli

Pengertian membaca cepat menurut Tampubolon (1990) Membaca cepat adalah membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca, keperluan, dan bahan bacaan. Artinya, seorang pembaca cepat yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan di berbagai cuaca dan keadaan membacanya. Penerapan kemampuan membaca cepat itu disesuaikan dengan tujuan membacanya, aspek bacaan yang digali (keperluan) dan berat ringannya bahan bacaan.

Pengertian membaca cepat menurut Nurhadi (2005) : Speed reading atau membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan untuk mengelola secara cepat proses penerimaan informasi dengan tidak meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaan.

Nurhadi juga mengungkapkan bahwa membaca cepat mengandung berbagai implikasi seperti tujuan membaca, kebiasaan, penalaran, dan bahan bacaan. Seorang pembaca cepat tidak berarti menerapkan kecepatan membaca yang sama pada setiap keadaan, suasana, dan jenis bacaan yang dihadapinya Artinya, seorang pembaca yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan diberbagai cuaca dan keadaan membaca. Dalam membaca cepat pembaca mengutamakan kecepatan namun tidak mengabaikan pemahaman tentang apa yang dibaca.

Pengertian membaca cepat menurut Hernowo (2005) Membaca cepat adalah kegiatan merespon lambang-lambang cetak atau lambang tulis dengan pengertian yang tepat dan cepat.

Pengertian membaca cepat menurut Colin Rose (2002) Membaca cepat adalah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk keperluan membaca sekilas dan pemahaman secara cepat serta biasanya mencegah kita bosan.

Pengertian membaca cepat menurut Praptanti : Membaca cepat yaitu suatu aktivitas membaca yang bertujuan agar dalam waktu yang relatif singkat bisa mendapatkan hasil yang banyak.

Pengertian membaca cepat menurut Keke T. Aritonang (2006) Membaca cepat adalah membaca dengan kecepatan tinggi, hampir keseluruhan materi dibaca dalam waktu tertentu yang disertai dengan pemahaman isi 70%. Materi dalam hal ini adalah jumlah kata yang terkandung dalam suatu bacaan, sedangkan waktu tertentu artinya untuk memahami materi bacaan memerlukan waktu. Waktu yang dipergunakan dalam membaca cepat adalah satuan waktu, yaitu menit. Dan pemahaman isi bacaan 70% artinya, setelah selesai membaca sekurang-kurangnya pembaca menguasai isi bacaan sebanyak 70%.

Menurut Prastiti : Membaca cepat dilakukan jika pembaca ingin memperoleh gagasan pokok wacana dalam waktu relatif singkat, tetapi juga mendapat hasil bacaan yang banyak. Dua faktor yang tidak dapat diabaikan pada jenis membaca ini adalah kecepatan dan ketepatan. Hal-hal yang dapat menghambat cara membaca cepat harus dihindari seperti regresi, vokalisasi, membaca kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan lain-lain.

Sumber tulisan:
  • Keke T. Aritonang, (2006), Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Cepat, Jakarta: SMK 1 Penabur.
  • Nurhadi, (2005), Bagaimana Meningkatkan kemampuan Membaca, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  • Prastiti, Sri. (2006) Paparan Kuliah Membaca I. Semarang: PBSJ.
  • Tarigan, Henry Guntur. (2008), Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  • Usep Kuswari. Bahan Ajar Membaca Cepat. UPI: FPBS.

Itulah tadi posting tentang Pengertian Membaca Cepat Menurut Para Ahli. Terimakasih atas kunjungannya di blog Kumpulan Contoh PTK, n jangan lupa berbagi di Twitter atau Facebook sobat ya.. biar blog ini selain bermanfaat juga lebih terkenal lagi he he he. wassalam.

Apakah Blog ini bermanfaat..?

Jika Sobat merasa blog ini bermanfaat, jangan lupa like dan +1 nya Sob. Terimakasih