Contoh PTK Tata Busana

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Tata Busana

Salam hangat bagi pengunjung setia blog Kumpulan Contoh PTK. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi posting tentang "Contoh PTK Tata Busana", untuk lebih lengkapnya silakan sobat membaca atau melihat-lihat posting terdahulu yang membahas tentang "Contoh PTK Matematika SMP Kelas 8".

Contoh PTK Tata Busana

Berikut ini adalah kutipan pendahuluan Penelitian Tindakan Kelas Tata Busana jenjang SMK Kelas XII yang disusun oleh sobat Evi Atik Us’sofa, semoga bisa memberikan sedikit gambaran dan tambahan referensi, khususnya bagi para sobat pengunjung blog Kumpulan Contoh PTK yang sedang sibuk menyusun PTK.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA SUB KOMPETENSI MEMBUAT POLA BLAZER KELAS XII TATA BUSANA SMKN 2 TUBAN

Evi Atik Us’sofa
Mahasiswa S1 Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara dan pengamatan langsung di SMK Negeri 2 Tuban ditemukan bahwa: 1) Guru masih menggunakan model pembelajaran langsung tetapi terdapat fase-fase yang tidak dilaksanakan oleh guru tersebut misalnya, waktu melakukan demonstrasi guru tidak menggunakan media (seperti power point atau chart), 2) Siswa kurang fokus pada penyampain materi guru karena tidak diberi LKS yang seharusnya dikerjakan oleh siswa sehingga siswa malas untuk mengerjakan. 3) siswa tidak menjawab waktu diberi pertanyaan oleh guru karena yang harusnya guru memberikan Hand Out secara individual sehingga siswa tidak termonitor dengan maksimal. 4) Hasil belajar KKM yang dicapai masih = 70 belum mencapai tuntutan ideal sedangkan KKM yang ditetapkan oleh KTSP = 75. Kejadian tersebut merupakan suatu masalah yang harus diselesaikan karena membuat pola blazer juga penting bagi peserta didik agar dapat membuat pola blazer yang profesional. Oleh sebab itu peneliti ingin memberikan solusi dengan cara menerapkan model pembelajaran yang tidak fokus pada guru dan lebih mengutamakan siswa lebih aktif. Pembelajaran lebih mengoptimalkan pada aspek psikomotor siswa dan membuat siswa lebih memahami materi.

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah Siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil ( 4 sampai 6 siswa ) untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru, selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa, kemudian guru memberikan LKS setiap materi dan post test sesuai dengan kompetensi yang ditentukan. Prosedur sintaksnya proses pembelajaran kooperatif tipe TAI diantaranya yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyampaikan informasi, mengorganisasikan ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, mengevaluasi, memberi penghargaan. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TAI tersebut mampu diterapkan pada pembuatan pola blazer karena dalam pembuatan pola blazer membutuhkan sistam kerja baik secara individu maupun kelompok. Berdasarkan penjelasan diatas, model pembelajaran kooperatif tipe TAI cocok digunakan pada sub kompetensi membuat pola blazer yang bersifat praktek dan membuat latihan setelah materi tiap siklus selesai. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Blazer Pada Kelas XII Busana Butik Smk Negeri 2 Tuban”.

Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah yang akan digunakan sebagai acuan dalam penelit ian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada sub kompetensi Membuat Pola Blazer Kelas XII Busana Butik SMK N 2 TUBAN. (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada sub kompetensi Membuat Pola Blazer Kelas XII Busana Butik SMK N 2 TUBAN. (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada sub kompetensi Membuat Pola Blazer Kelas XII Busana Butik SMK N 2 TUBAN.

Berdasarkan rumusan masalah di atas dapat ditentukan tujuan yang ingin dicapai adalah. (1) Untuk mengetahui aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada sub kompetensi Membuat Pola Blazer Kelas XII Busana Butik SMK N 2 TUBAN. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada sub kompetensi Membuat Pola Blazer Kelas XII Busana Butik SMK N 2 TUBAN. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada kompetensi dasar Membuat Pola Blazer Kelas XII Busana Butik SMK N 2 TUBAN.

Untuk sekedar mempelajari dan tambahan referensi klik disini guna menyimpan Contoh PTK diatas filetype:pdf secara lengkap di kompi Sobat.

Itulah tadi posting tentang Contoh PTK Tata Busana. Terimakasih atas kunjungannya di blog Kumpulan Contoh PTK, n jangan lupa berbagi di Twitter atau Facebook sobat ya.. biar blog ini selain bermanfaat juga lebih terkenal lagi he he he. wassalam.

Apakah Blog ini bermanfaat..?

Jika Sobat merasa blog ini bermanfaat, jangan lupa like dan +1 nya Sob. Terimakasih