Contoh PTK IPS

Selamat datang di blog kumpulan Contoh PTK dan Proposal PTK. Berikut ini adalah posting tentang Contoh PTK IPS dengan Judul "Penggunaan Media Gambar Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS" yang disusun oleh Ibu Hasnah Prabandari (FKIP-UT Surakarta). sebelumnya : Contoh PTK Matematika. semoga bermanfaat


PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MASALAH SOSIAL UNTUK  MENINGKATKAN  HASIL  BELAJAR
MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI KRAJAN 04
KECAMATAN GATAK
KABUPATEN SUKOHARJO
TAHUN 2010

NAMA : HASNAH PRABANDARI
NIM : 817330341
POKJAR : SUKOHARJO B
PROGRAM STUDY : S1 PGSD

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT SURAKARTA
2010

BAB II
KAJIAN TEORI

1.    Pengertian Hasil Belajar
Untuk menjawab permasalahan diatas, berikut ini diuraikan tinjauan teoritis, yaitu berkaitan dengan meningkatkan hasil belajar melalui media gambar.
  1. Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman (Gagne, 1984)
  2. Belajar yang dikemukakan UNESCO (Yabe, T2001 : 1) yaitu belajar dari pengalaman, belajar dari tindakan, belajar dari kehidupan, belajar sepanjang hayat. Prinsip-prinsip tersebut mendasari pengembangan pendidikan untuk menghasilkan kompetensi peserta didik sesuai dengan tingkat belajar di sekolah. Peserta didik yang kompeten artinya peserta didik yang cerdas, cakap, mampu memahami dengan baik bahan yang diajarkan, mampu bersikap, bernalar dan bertindak sesuai prosedur yang benar dan mengembangkan integritas kebersamaan dalam perbedaan.

2.    Jenis-Jenis Media
Media adalah perantara sumber pesan (source) dengan penerima pesan (receiver). (Heinich, 1982).

Gambar adalah gambar-gambar yang disajikan secara fotografik yang ada kaitannya dengan bahan (isi pelajaran) yang akan disampaikan kepada siswa.

Media gambar adalah perantara pesan berupa gambar-gambar yang disajikan secara fotografik dalam proses pembelajaran.

3.    Kegunaan Media Gambar
Media gambar sangat cocok digunakan untuk pelajaran IPS. Media gambar memiliki beberapa keuntungan, yaitu :
  • Media ini dapat menerjemahkan ide (gagasan) yang sifatnya abstrak menjadi lebih realistis.
  • Mudah menggunakannya dan tidak memerlukan peralatan lain
  • Tidak mahal
  • Dapat digunakan pada setiap tahap pembelajaran dan semua pelajaran (disiplin ilmu).
4.    Pengertian Masalah Sosial
Masalah adalah setiap hal yang mengundang keragu-raguan, ketidak pastian atau kesulitan yang harus diatasi dan diselesaikan (Drs. Ischak, S.U, PPUT, 2004).

Masalah sosial adalah suatu situasi yang mempengaruhi banyak orang dan dianggap sumber kesulitan atau ketidak puasanyang menuntut untuk dipecahkan (Drs. Ischak, S.U. PPUT, 2004).

Menurut sifatnya masalah sosial bermacam-macam; statis-dinamis, besar-kecil, sederhana-kompleks. Dengan demikian strategi pemecahannya pun harus disesuaikan dengan sifat dan karakteristik masalahnya.


BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Selengkapnya mengenai Contoh PTK IPS SD diatas, silakan sobat (baca disini)

Itulah tadi posting tentang Penelitian Tindakan Kelas IPS SD. Semoga bermanfaat

Apakah Blog ini bermanfaat..?

Jika Sobat merasa blog ini bermanfaat, jangan lupa like dan +1 nya Sob. Terimakasih